Sobat Bumi
Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto Saya
Can't describe my self

Pengikut

PULL

CBOX

Open Cbox
Jumat, 24 Desember 2010

Pohon Pengganti Lampu Penerang Jalan

malam sobaaat . saya posting berita ini untuk pengetahuan kita bersama . 
tpi tolong di komenyaa . . 
thx


......
Ilmuwan Academica Sinica dan National Cheng Kung University di Taipei dan Tainan berhasil membuat 'sesuatu' pengganti lampu penerang jalan. Mereka memanfaatkan nanopartikel emas bercahaya yang berbentuk landak laut, mereka menyebutnya LED bio. Nanopartikel itu ditanamkan ke dalam daun tanaman.

Nanopartikel baru itu dapat menggantikan lampu penerang jalan dengan sumber cahaya dari karbondioksida atau CO2. Dengan begitu, kita bisahemat energi, dan CO2 akan diserap sebagai energi LED bio melalui fotosintesis.

Kunci dari penerang jalan bio ini tentu terletak pada nanopartikel emas ini. Nanopartikel itu menyerap cahaya dan memancarkannya. Klorofil, pigmen fotosintesis yang memberi karakteristik warna hijau daun, dikenal memiliki kemampuan menyerap panjang gelombang cahaya tertentu. Ketika terkena cahaya dengan panjang gelombang sekitar 400 nanometer, klorofil biasanya memancarkan warna merah.

Namun, cahaya ungu sulit didapat, terutama pada malam hari. Ilmuwan butuh sumber cahaya ungu, dan sumber cahaya itu dapat ditemukan dalam nanopartikel emas. Ketika panjang gelombang cahaya lebih pendek mengenai nanopartikel emas, maka daun akan memancarkan cahaya ungu.

Namun, efek dari nanopartikel itu masih terbatas pada subjek tes, yaitu tanaman air yang dikenal sebagai Bacopa Caroliniana.

Dan mereka yakin bisa mengembangkan dan memperbanyak temuan ini. Kita tunggu saja. GO GREEN !!!

3 komentar:

KISAH ABU NAWAS mengatakan...

salam sob...
indah pohonnya

bang_catur mengatakan...

waah . . bisa nggak buat yg begituan sob ?
selamat mencoba

lampu hemat energi mengatakan...

wah hebat-hebat terobosannya go green indonesia..
save our planet.....

Recent Comments