Sobat Bumi
Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Pengikut

PULL

CBOX

Open Cbox
Kamis, 28 Juni 2012

Ufuk Barat Indonesia

"Tidak hanya sebagian, semua penjuru dari Indonesia merupakan berkah" - Rahmadio Catur Putra

Selamat pagi siang dan malam para pembaca. Salam hormat kepada dewan juri Lomba Blog Paling Indonesia !
Kali ini, gue bakal nulis artikel berjudul "Ufuk Barat Indonesia". Dimana artikel ini menceritakan bagian yang PALING INDONESIA bukan hanya kawasan timur, namun juga kawasan barat.Nah, ini dia yang sedikit buat gue nggak suka (nyesek). Barat Indonesia juga memiliki potensi alam yang melimpah, sama dengan bagian timur. Namun kenapa yang dikenal hanya yang dibagian timur saja? Bukankah kita sama sama Indonesia? IndONEsia!

Ini gue melakukan riset terhadap beberapa responden di sebuah situs jejaring sosial :


* Nggak ada jawaban yang tentang kebudayaan SDA atau apapun itu yang dari Bagian barat ya :( *
 
* Emang Bali mantap bener yee :) :-bd *
 * Parah banget dikenal dengan teroris dan korupsi yaa -_- *

Oke, memang Indonesia memiliki sisi buruk. Namun terlepas dari itu, kita juga tidak dapat menutup mata akan kekayaan potensi yang kita miliki. Artikel ini akan membahas potensi Indonesia kawasan barat tepatnya pulau Sumatera yang PALING INDONESIA .

Indonesia. Indonesia merupakan negeri subur yang memiliki keindahan melimpah ruah serta kaya raya. Indonesia kaya dalam segala konteks, baik SDA, SDM, kebudayaan, kuliner, daerah pariwisata, dan tentunya nilai-nilai luhur. Artikel ini membahas Pulau Emas Sumatera, mewakili bagian barat Indonesia, yang tentunya juga pulau yang PALING INDONESIA 


Sumatera. Merupakan pulau yang dulu disebut sebagai Pulau Andalas, Pulau Emas, atau Tanah Emas. Pulau Sumatera dulunya dikenal memiliki emas yang banyak.

1. Sumber Daya Alam
Seperti yang tertulis sebelumnya, Sumatera merupakan pulau yang memiliki emas. Namun, tidak hanya emas, berbagai kekayaan mineral terdapat banyak disini. Contonhya saja Batu bara di Sumatera Selatan dan Minyak di Riau.

 
Batu bara Diperkirakan jumlah batu bara yang terdapat di Tanjungenim ini mencapai angka 15,6 miliar ton batubara. 


 

Minyak
Kontribusi produksi minyak bumi dari Riau mencapai 50 % dari produksi nasional. Minyak merupakan SDA yang PALING INDONESIA karena Indonesia dikenal sebagai negara kaya minyak dimata dunia.




2. Sumber Daya Manusia
Pulau Sumatera memberi sumbangsih penduduk yang cukup banyak kepada Indonesia. Jumlah penduduk total pulau Sumatera berdasarkan sensus penduduk 2010 sebanyak kurang lebih 50.630.931 jiwa.


3. Kebudayaan
Beranekaragam kebudayaan  PALING INDONESIA terdapat pada pulau Sumatera. Terdapat berbagai macam suku di Sumatera. Seperti: Minang, Batak, Melayu, Sakai, dll. Sumatera memiliki banyak kebudayaan seperti Tari Tor Tor dari Sumatera Utara. Tari Saman dari Aceh. Lagu daerah kambanglah bungo dari Sumatera Barat.














Tari Tor Tor yang berasal dari Sumatera Utara. Dulunya digunakan dalam acara ritual yang berhubungan dengan makhluk halus. Tari Tor Tor pun memiliki jenis yang berbeda-beda. Ada yang namanya tor tor pangurason dan ada yang namanya tor tor sipitu cawan.

Tari Saman merupakan tari yang berasal dari NAD. Tari yang banyak dikenal oleh warga Indonesia ini dilakukan secara berkelompok.
Tari Saman biasanya ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat.






Tentunya masih banyak kebudayaan yang terdapat di Sumatera dan perlu kita perhatikan.


4. Wisata kuliner
Bagian ini yang paling gue suka. KULINER! Beraneka ragam makanan khas yang lezat dan menggiurkan sangat menarik hati dan minat para penikmat kuliner. Tentunya belum sempurna jika anda melewatkan beraneka ragam makanan Sumatera. Gue sebagai pencinta dan penikmat kuliner merasa makanan Sumatera sangat menggugah selera.



Rendang. Merupakan santapan kuliner tradisional minangkabau berasal dari Sumatera Barat yang PALING INDONESIA. Makanan yang berasal dari Ranah Minang ini dikenal akan rasanya yang luar biasa dan kaya citarasa. Makanan yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dan kandungan rempah-rempah ini digemari segala kalangan. 
Bahkan, makanan yang gue gemari ini, di nobatkan sebagai makanan pada peringkat 1 dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods yang digelar oleh CNN Internasional. Kita patut bangga sebagai warga Indonesia dengan makanan ini. Bahkan terdapat variasi macam makanan dengan rasa rendang seperti Mi goreng rendang, coklat rendang, dll.





Pempek. Merupakan makanan asli dari Sumatera Selatan  yang tebuat dari ikan dan sagu. Pempek atau Empek-empek ini sering dikatakan berasal dari Palembang, namun kenyataannya hampir semua daerah Sumatera Selatan memproduksi pempek. Pempek disajikan dengan ditemani kuahnya yang bewarna hitam kecoklatan yang bernama cuko. Pempek yang terkenal adalah pempek kapal selam, dimana terdapat telur ayam didalam pempek. Terdapat jenis pempek lainnya seperti pempek keriting, pempek pistel, dan pempek lenjer.

Juga terdapat wisata kuliner lainnya seperti sate, soto, sebagaimana makanan dari daerah lain.

 5. Pariwisata
Tidak hanya di Indonesia bagian timur yang memiliki pariwisata yang luar biasa. Namun, disini juga memiliki keindahan alam yang eksotis dan objek pariwisata lainnya.


Pantai Trikora di Bintan. Ada yang tau Bintan itu dimana? Bintan merupakan daerah provinsi Kepulauan Riau. Di Bintan, terdapat tujuan wisata Bintas resort dimana merupakan destinasi wisata berupa keindahan spektakuler pantai. Keindahan pantai ini tidak kalah dengan Pantai Kuta di Bali. Banyak wisatawan asing yang pergi berlibur kesana memuaskan hati dengan keindahan pantai tersebut. Sayangnya, warga lokal belum banyak yang tau akan keberadaan pariwisata ini.





"objek wisata di bukittinggi"Gua Jepang. Merupakan objek wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Gua atau Lubang Jepang ini merupakan bukti akan keberadaan penjajahan Jepang. Panjangnya sekarang mencapai 750 meter dan terbagi beberapa kamar. Mulai dari tempat makan, tempat rapat, kamar tahanan. Juga terdapat 12 barak militer, 12 tempat tidur, 6 ruang amunisi, 2 ruang makan Romusha, dan satu ruang sidang.






Juga terdapat objek pariwisata lainnya seperti Danau Toba, Benteng Fort de Kock, Ngarai Sianok, Danau Singkarak, dan lain lain.





Disaat Indonesia bangga akan keindahan alam dari bagian timur, kenapa kita bagian barat harus berkecil hati? 
Kalo kata guru gue, kita sama sama makan nasi, sama sama manusia, kenapa mereka bisa dan kita nggak? nah itu dia kata kata yang selalu ditanamkan guru gue.
Kita sama sama memiliki potensi alam yang melimpah, sama sama memiliki kebudayaan yang beraneka ragam, dan kita sama sama PALING INDONESIA. Indonesia adalah SATU. Kita adalah Indonesia.


Emang gue hanya penduduk yang berasal dari dusun kecil di kawasan terpencil. Tapi, artikel ini sebagai bentuk gerakan kecil gue mengimbau kepada seluruh pembaca agar ikut tergerak akan pesona alam yang kalian miliki di daerah masing-masing. Maka kembangkanlah!


Jadi, gue menarik kesimpulan dari artikel yang gue tulis ini (tentunya dari berbagai macam sumber), bahwasannya Indonesia memiliki banyak potensi alam dan manusia. Tidak hanya di bagian timur, namun bagian barat Indonesia juga memiliki hal hal yang dimiliki oleh bagian timur. 
Tidak hanya bagian timur saja yang PALING INDONESIA, namun bagian barat juga PALING INDONESIA!







Artikel ini diikutsertakan dalam lomba ini.






Lomba Blog "Paling Indonesia"











Sources :

http://id.shvoong.com/humanities/history/2220678-www-whoila-com/#ixzz1ctTz2zE9
http://www.kereta-api.co.id/layanan-produk/ka-barang/53-batubara-sumatera-selatan.html
http://tunas63.wordpress.com/2011/07/25/jumlah-penduduk-indonesia-sensus-2010/
http://id.wikipedia.org/wiki/Rendang
http://margarethajulia.blogspot.com/2010/06/makanan-khas-dari-sabang-sampai-merauke.html
http://carapedia.com/tari_tor_tor_tarian_tradisional_batak_sumatera_utara_info1906.html
http://forumjualbeli.net/travel/119616-pantai-bintan-tak-kalah-menarik-dari-kuta.html
http://industri.pelapak.com/batubara-semua-kalori-nusantara.html
http://tanobatak.wordpress.com/2007/08/19/tortor-dan-ulos/


12 komentar:

Anonim mengatakan...

good luck yaa bang catur :)

rezeki barokah mengatakan...

wah..mulai dari makanan sampai goa ..lengkap dach...selamat berlomba ya..sambil berbagi kisah bisnis barokah

Blogs Of Hariyanto mengatakan...

ok kawan salam sukses selalu untuk lombanya..memang benar dari Timur ke barat..indonesia adalah berkah yang luarbiasa ...subhanallah alhamdulillah Allahuakbar

bang_catur mengatakan...

@rezeki barokah : ahaha terimakasih :)

bang_catur mengatakan...

@Blogs Of Hariyanto : Subhanallah memang Indonesia negeri yang penuh berkah mas

anisayu mengatakan...

wah Indonesia ku memang kaya raya..

salam sukses dan semoga menang ya..

bang_catur mengatakan...

@anisayu : amin amiiin. waah terimakasih mbaak..

(Aku Bukan)Bangthoyib mengatakan...

Salam Kenal Sobat...
Hadir mendukung "Paling Indonesia" nya

Moga Sukses Prjuangan n isa menang ....

Happy Blogging...

Tongkonanku mengatakan...

Indonesia adalah surganya wisata bahari dan budaya. :)

bang_catur mengatakan...

@(Aku Bukan)Bangthoyib : terimakasih..
happy blogging jugaa

@Tongkonanku : benar mas.. kaya akan potensi alam

Adang N M I mengatakan...

Semangat mengindonesiakan indonesia...
semangat Indonesia!!
salam anak negeri

Blogwalking sore & Mengundang juga blogger Indonesia hadir di
Lounge Event Tempat Makan Favorit Blogger+ Indonesia

Salam Spirit Blogger Indonesia

tour and travel surabaya mengatakan...

saya cinta indonesia..

Recent Comments